Halaman

Senin, 17 Februari 2014

Sejarah SEO (Search Engine Optimation)

SEJARAH

Pakar SEO Cirebon - Menurut Danny Sullivan, arti search engine optimization pertama kali dipakai pada 26 Juli th. 1997 oleh suatu pesan spam yang di posting di Usenet. Pada saat itu algoritma mesin pencari belum terlampau kompleks hingga gampang dimanipulasi.

Versus awal algoritma pencarian didasarkan seutuhnya pada info yang disiapkan oleh webmaster lewat meta tag pada kode html website situs mereka. Meta tag sediakan info perihal content yang terdapat disuatu halaman situs dengan rangkaian keyword (kata kunci (keyword)). Beberapa webmaster lakukan manipulasi lewat cara menuliskan katakunci yang tidak cocok dengan content website yang sebenarnya, hingga mesin pencari salah meletakkan serta memeringkat website itu. Hal semacam ini mengakibatkan hasil pencarian jadi tak akurat serta menyebabkan kerugian baik untuk mesin pencari ataupun untuk pemakai internet yang menginginkan info yang relevan serta berkwalitas.

Larry Page serta Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral pengetahuan computer Kampus Stanford, berupaya menangani persoalan itu dengan bangun Backrub, suatu mesin pencari simpel yang memercayakan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman situs. Algoritma itu, yang diberi nama PageRank, adalah manfaat matematika yang kompleks berbentuk gabungan pada perhitungan jumlah link yang mengarah disuatu halaman situs dengan analisa atas mutu masing-masing link itu.

Menurut prinsip kerja PageRank, dengan cara umum dapat disebutkan bahwasanya halaman situs yang beroleh peringkat tinggi yaitu halaman situs yang banyak di-link oleh halaman situs lain. Nilai PageRank akan makin tinggi jika halaman situs yang mengarah kepadanya juga mempunyai mutu yang tinggi. Nilai suatu link dari website berkwalitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ bisa bernilai lebih tinggi dari pada gabungan nilai link dari seratus website situs berkwalitas rendah.

Backrub hanya suatu permulaan. Pada th. 1998 Page serta Brin membangun Google yang disebut versus tingkat lanjut dari Backrub. Kurun waktu singkat Google beroleh reputasi serta keyakinan dari umum pemakai internet lantaran sukses menghidangkan hasil pencarian yang berkwalitas (tak dimanipulasi), cepat, serta relevan. PageRank lalu jadi standard baik untuk mesin pencari lain ataupun untuk webmaster yang berupaya supaya website webnya beroleh nilai PageRank setinggi barangkali hingga tempati posisi paling tinggi pada hasil pencarian.

Webmaster dan Mesin Pencari

Dari th. 1997 perusahaan mesin pencari mengerti bahwasanya sebagian webmaster (pengelola situs) lakukan semuanya agar bisa terindeks pada urutan paling atas hasil pencarian, terhitung dengan beberapa cara yang manipulatif serta ilegal. Infoseek, satu diantara mesin pencari generasi pertama, lakukan perbaikan pada algortima mereka untuk menghindar manipulasi dengan " meta tag " yg tidak relevan.

Bagaimanapun, dalam banyak hal mesin pencari juga mengerti nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, serta mereka terkadang mempunyai kebutuhan terselubung dari kesibukan perusahaan SEO. Sebagian perusahaan mesin pencari kirim perwakilan atau jadi tamu pada moment-event teratur yang diadakan komune SEO.

Mesin pencari besar seperti Google serta Yahoo! sediakan program serta tips yang sangat mungkin webmaster memaksimalkan situsnya supaya terindeks dengan baik. Google sediakan aplikasi Webmaster Tool (anda mesti memiliki account di Google manfaat lihat tool ini) serta mengenalkan sitemap berbasis XML standard mereka, sedang Yahoo! sediakan program Site Explorer (juga mesti login dengan account pemakai Yahoo! anda) yang sangat mungkin webmaster mendaftarkan URL website, mengecek jumlah halaman situs mereka yang sudah terindeks di data-base Yahoo!, serta lihat info link masuk. Tetapi sekian mesin pencari tak mentolerir cara SEO yang manipulatif serta menghalalkan semua langkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar